2007/12/27

Buruknya fasilitas impor blog oleh Multiply

Ah rupanya fasilitas impor blog oleh Multiply dari Blogger cukup jelek. Belum tahu juga nih kalau masalah cross-postingnya, "cukup jelek" juga atau "lumayan tidak terlalu jelek"? Setidaknya ada beberapa hal buruk yang membatasi ruang gerak pengimporan artikel2 dari Blogger oleh Multiply:
  1. Template Blogger haruslah yg versi baru. Yg versi lama harus upgrade dulu, kalau tidak upgarded, jangan harap bisa impor.
  2. Gunakan alamat asli dari blogspot (namamu.blogspot.com). Kalau pakai alamat yg custom, misal pakai domain sendiri, maka ucapkanlah selamat tinggal pada fasilitas impor blog ini.
  3. Komentar yang sudah dipost di akun Blogger tidak ikut diimpor. Iya sih, dari awal juga udah dikasih tahu, tapi tetep aja kecewa.
Demi mengimpor blog ini, saya dengan penuh kesedihan terpaksa mengganti setting alamat di Blogger menjadi alamat default yang diberikan. Entah kalau sudah berhasil impor, apakah yang akan terjadi kalau alamat blog saya ubah lagi pakai nama domain sendiri. Yah kita lihat saja nanti.

2007/12/10

idud's Personality Disorder Test Results

Ngikutin test yang diikutin sama seorang tetangga, hasilnya kayak gini:

Disorder | Rating
Paranoid: High
Schizoid: Moderate
Schizotypal: High
Antisocial: High
Borderline: Low
Histrionic: High
Narcissistic: High
Avoidant: High
Dependent: High
Obsessive-Compulsive: Moderate

URL of the test: http://www.4degreez.com/misc/personality_disorder_test.mv
URL for more info: http://www.4degreez.com/disorder/index.html


Ternyata saya teh paranoid, avoidant (cenderung menghindar), dan antisosial. Pantes aja temennya dikit.

2007/11/12

Presentasi dengan LaTeX-Beamer

Hehe... artikelnya belum ada.

Iseng2 buka2 akregator dan tertarik untuk baca Basic presentations with LaTeX Beamer yang ditulis olehBruce Byfield jadi ada inspirasi untuk nulis tutorial LaTeX lagi. Belum pernah nyoba sih, jadi pasti belum akan dibuat artikelnya, karena biasanya saya mah ngebuktiin sendiri sebelum bikin artikel.

Dan biasanya, risetnya sangat lama :(.

Yah, yang penting mulai ada niat lagi.

2007/10/22

Kangen, euy (ampe nangis2 nih)

``Kut'rima suratmu, dan kubaca
dan aku mengerti...'' (Dewa 19 - Kangen)
Gak cocok.
``To see you when I wake up
Is a gift I didn't think could be real...'' (Incubus - I Miss You)
Tetep gak cocok.
``Remember today
I've no respect for you...'' (Silverchair - Miss You Love)
Apalagi ini, tambah gak cocok.

Yeah, itu sebagian kecil dari lagu2 yang sering aku dengerin. Lagu tentang kerinduan pada seseorang. Tepatnya sesuatu.

Tapi gak ada yang cocok, euy. Sekarang2 ini aku lagi kangen banget sama yang namanya keluarga. Pengen ketemu bapak, juga kakak dan adik. Pengen bisa curhat berlama2 tanpa harus menyembunyikan detil apapun. Pengen bisa cerita tentang cita2 yang tak kunjung tercapai. (San, ini benar2 tahun yang berat buatku.)

Pengen... ketawa2 lagi, berantem lagi, nonton bola bareng lagi (walau sering kesel juga kalau nonton bareng anak2 perempuan). Semoga Tuhan mengizinkan aku bertemu dengan kalian sesegera mungkin. Sepertinya agak sulit untuk bisa kembali bersama, jadi minimal ketemu lah.

I really do miss you all, people.

2007/09/06

SMS Ganda dari nomor FREN Tak Dikenal

Waduh telat, nih, mestinya langsung posting begitu kejadian. Tapi engga apa2 lah, daripada engga disampaikan mending telat sedikit. Lagian hari ini ada terjadi unwanted subscription, tapi engga tahu apakah subscriptionnya di-approve atau tidak, belum meriksa. Ini cerita tentang pengalaman saya menggunakan FREN.

Hari Sabtu, malem Minggu kemaren (2007/09/01), saya lagi asyik sms-an dengan seorang teman. Cowok, gak perlu curiga, gue kan jomblo tulen yang baik dan benar. Tema obrolan makin lama makin menjurus ke hal2 yang sangat... baik. Kami ngobrol masalah kehidupan sehari-hari. Yah namanya juga sama temen. Asyik dah pokoknya.

Tapi kemudian sesuatu terjadi. Beberapa saat setelah saya kirim sms, henpon saya berbunyi dan di layar tertulis kalau saya mendapat sms baru dari nomor yang tidak saya kenal (nomor FREN juga). Agak kaget (dan berharap juga, siapa tahu cewek) karena saya tidak terbiasa menerima sms dari nomor yang tidak saya kenal. Tapi hanya berselang beberapa detik, henpon bunyi lagi dan layar menunjukkan kalau saya telah menerima 1 sms lagi. Kali ini dari temen yang sebelumnya emang udah saya kirim sms. "Wah, baca yang dari temen dulu ah," pikir saya. Dan ternyata isinya emang jawaban dari sms yang saya kirim sebelumnya.

Sayapun melanjutkan membaca sms dari nomor yang tidak saya kenal tersebut, dan dibuat terkaget2. Isi sms itu sama persis dengan isi sms dari teman saya yang datang hanya beberapa detik sesudahnya. Nah loh?

Otak detektif saya (yang penuh dengan teori konspirasi) langsung bekerja. Ini bisa jadi temen saya ngerjain, ngetik sms yang sama persis bareng dengan mitranya, lalu sama2 kirim sms ke saya. Dan tentu ada skenario alternatif, yaitu nomor ini adalah sms gateway yang digunakan oleh FREN untuk melakukan pengiriman sms.

OK, ini saatnya klarifikasi. Saya tanya langsung deh ke temen, kenal atau tidak dengan nomor itu. Tapi teman saya menjawab tidak kenal. Saya tahu tipe teman saya ini. Kemungkinan untuk ngerjain memang ada, walau sangat kecil, tapi saya yakin dia akan segera ngasih tahu kalau dia sebenernya ngerjain. Jadi karena dia jawab tidak kenal, saya percaya bahwa dia tidak tahu nomor itu.

Kita beralih ke skenario kedua. Saya ingin tahu, kalau bener ini emang nomor gateway FREN (emang ada cara transfer sms kayak gitu?) mestinya engga ada orang yang memegang nomor ini. Biasanya juga robot. Atau sebuah alat yag ditancepin ke server. Saya coba kirim sms ke nomor itu. Eh, beberapa saat kemudian ada balesan. Dan dari pengamatan saya, balesan itu sangat manusiawi. Maksudnya bukan auto-responder.

Saya kirimin sms lagi, menanyakan tentang kemungkinan pengetahuan dia tentang apa yang telah terjadi sehingga saya menerima sms dari nomor dia yang isinya sama persis dengan sms yang dikirim teman saya ke saya. Tapi nampaknya si pemilik nomor ini juga tidak tahu menahu tentang kejadian ini. Ya saya engga bisa menuduh dia bohong. Orang saya tanya baik2, dia jawab baik2, pastinya juga engga ada maksud jelek yang disembunyikan.

Wah bingung deh saya. Yah udah, nelpon ke 888 aja, siapa tahu ada yang pernah mengalami hal serupa dan melaporkan ke customer service. Tapi sayang, menurut jawaban si cs, sepertinya ini adalah kasus yang terjadi untuk pertama kali. Saya tanya, apakah ada kontak yang bisa saya hubungi karena saya yakin ini masalah yang cukup serius, tapi katanya cara lapor ke FREN emang cuma ke 888.

Saya samasekali engga puas. Karena saya engga yakin masalah ini akan dilaporkan oleh si cs ke atasannya. Dan kalaupun dilaporkan, saya engga yakin si atasan akan menyampaikan ke "bagian terkait". Ya udahlah, nulis di blog aja.

Pastinya saya akan kirim email ke root, postmaster, dan admin server mobile-8.com. Kasih link aja ke blog ini, hehe.

Oh, iya. Tadi siang ada kejadian tambahan yang bikin saya agak kaget juga. Saya dapet sms dari nomor 2525 (pasti urusan RingGo) untuk melakukan konfirmasi pemasangan sebuah lagu sebagai nada sambung pribadi. Weleh2, saya kan engga request kok bisa ada yang minta konfirmasi. Wah, jangan2 kejadian di posting ini adalah hal yang biasa terjadi. Hehe, IDR 9.000,00 kan lumayan tuh. SMS spoofing engga coba dihindarkan gituh?

Mudah2an dengan adanya tulisan ini Mobile-8 sebagai provider jaringan selular FREN akan memperbaiki layanannya. Dan tentu, informasi yang jelas untuk para pelanggannya.

Mohon maaf kalau bahasa saya jelek dan kurang sopan :D.

2007/09/05

26 Years ago, today (in Gregorian calendar)

Ya, menurut hitungan Masehi, tepat 26 tahun lalu almarhumah Mamahku tercinta melahirkanku ke dunia.

Tapi sampai sat ini pun diri ini masih bertanya2. Apa tujuanku ada di dunia? Apa yang harus kulakukan untuk mengisi kehidupanku ini? Ah teuing deuh. Manusia bikin rencana, Tuhan yang menentukan. Jadi buat apa bikin rencana? Gak usah bikin rencana lah, kerjakan saja apa yang ada di hadapan dan selalu siaga untuk mengambil kesempatan yang datang melintas.

Ah, udah jangan nulis yang teu pararuguh. Saatnya menyanyikan lagu kebangsaan bersama.
Happi basdey tu yuuuuu
Happi basdey tu yuuuuu
Happi basdey swit iduuuuuud
Happi basdey tu miiiiiiii

2007/08/14

Membuat USB-flash boot

Anda pengguna PC? Suka bereksperimen dengan multiple OS dalam 1 PC? Jika ya, pasti tidak aneh dengan keluhan2 seperti "Di PC saya muncul 'disk boot error'", atau "waaah, bootloadernya ketimpa", bisa juga "grub-nya hilang euy". Keluhan seperti itu tidak hanya muncul dari para pengguna yang masih pemula, tapi juga para ahli dan hacker2 ternama. Tentu, yang terakhir disebutkan biasanya punya cara untuk mengatasi hal itu, tapi bukan berarti mereka tidak pernah mengalami masalah itu.

Sejak awal saya berkenalan dengan OS GNU/Linux, saat instalasi pastilah ditawari untuk membuat 'disket boot'. Yang akan berguna jika PC anda tidak bisa memboot lewat harddrive, atau saat masalah2 di atas terjadi. Intinya adalah: 'kita harus punya media (backup) yang bisa dipakai untuk mem-boot PC'.

Sebelumnya saya sangat mengandalkan livecd seperti Knoppix dan Kanotix untuk bisa mengembalikan bootloader yang hilang. Sayang hal ini kurang praktis karena mau tidak mau kita harus ikut dengan cara yang diberikan oleh livecd tersebut. Bisa saja kita lakukan remaster, tapi butuh waktu cukup lama karena penulisan ke media cd butuh waktu agak lama dan alat penulis khusus.

Cara paling praktis tentu dengan memanfaatkan floppy-disk (disket). Tapi sayang, selain kapasitas data yang sangat terbatas, saat ini disket sudah sangat tidak popular. Malah beberapa penjual PC hanya menyertakan floppy-drive jika dipesan oleh pembeli.

Inilah saatnya kita memanfaatkan USB flashdisk. Tentu banyak juga limitasinya, misal: PC belum bisa boot lewat media USB, atau PC anda tidak punya port USB. Ya kalau yang satu ini tidak bisa dilakukan, tetap bisa milih cara lain yang telah disebutkan di atas. Membuat flashdisk-boot sebagai pengganti disket-boot ini terinspirasi dari cara membuat live-usb DSL.

Caranya sangat mudah dan persiapannya juga tidak rumit. Anda hanya perlu sebuah sistem linux yang sudah berjalan dengan baik dan menggunakan bootloader grub, serta sebuah USB flashdisk. Boot-up linux anda, dan colokkan USB-flash. Segera cari tahu dikenali sebagai file apakah USB-flash anda. Dalam kasus saya, USB dikenali sebagai /dev/sdc dan partisi pertama dikenali sebagai /dev/sdc1 (partisi ini yang saya jadikan root bootloader). Berikut sebagian output dari perintah dmesg:
usb 2-8: new high speed USB device using ehci_hcd and address 3
usb 2-8: configuration #1 chosen from 1 choice
Initializing USB Mass Storage driver...
scsi4 : SCSI emulation for USB Mass Storage devices
usbcore: registered new interface driver usb-storage
USB Mass Storage support registered.
usb-storage: device found at 3
usb-storage: waiting for device to settle before scanning
usb-storage: device scan complete
scsi 4:0:0:0: Direct-Access USB Flash Memory 1.00 PQ: 0 ANSI: 0 CCS
SCSI device sdc: 246272 512-byte hdwr sectors (126 MB)
sdc: Write Protect is off
sdc: Mode Sense: 23 00 00 00
sdc: assuming drive cache: write through
SCSI device sdc: 246272 512-byte hdwr sectors (126 MB)
sdc: Write Protect is off
sdc: Mode Sense: 23 00 00 00
sdc: assuming drive cache: write through
sdc: sdc1
sd 4:0:0:0: Attached scsi removable disk sdc

Mountlah partisi yang akan dijadikan root bootloader ke direktori yang sebelumnya telah dibuat. Filesystem FAT32 yang biasa digunakan pada USB tidak perlu diubah.
# mkdir /mnt/reskyu && mount /dev/sdc1 /mnt/reskyu

Setelah berhasil dimount, buatlah direktori bernama boot/ di dalam partisi tadi. Lalu salin seluruh file yang ada di /boot/grub/ sistem linux anda ke direktori yang baru dibuat.
# mkdir /mnt/reskyu/boot && cp -av /boot/grub /mnt/reskyu/boot

Sekarang buatlah file boot/grub/menu.lst, yang berfungsi sebagai konfigurasi tampilan menu GRUB, di dalam partisi USB. Dalam kasus saya file tersebut adalah /mnt/reskyu/boot/grub/menu.lst. Hapus saja file tersebut jika sebelumnya telah ada. Buatlah supaya file itu berisi seperti di bawah ini:
color light-green/black blink-light-blue/black

title ===Edit salahsatu untuk boot sistem kau===

title Boot Linuk (edit dulu)
root (hdX,X)
kernel /boot/vmlinuz root=/dev/sdXY vga=788 panic=15 selinux=0 ro
initrd /boot/initrd.img

title Boot Window (edit dulu)
rootnoverify (hd0,0)
chainloader +1

Setelah file tersebut di-save, saatnya kita install GRUB ke USB. Telah disebutkan di atas, USB saya dikenali sebagai sdc (bukan sdc1) yang menurut BIOS merupakan harddrive ke-3. Maka proses instalasi GRUB adalah seperti ini:
# grub

GNU GRUB version 0.97 (640K lower / 3072K upper memory)

[ Minimal BASH-like line editing is supported. For the first word, TAB
lists possible command completions. Anywhere else TAB lists the possible
completions of a device/filename. ]

grub> root (hd2,0)
Filesystem type is fat, partition type 0x6

grub> setup (hd2)
Checking if "/boot/grub/stage1" exists... yes
Checking if "/boot/grub/stage2" exists... yes
Checking if "/boot/grub/fat_stage1_5" exists... yes
Running "embed /boot/grub/fat_stage1_5 (hd2)"... 15 sectors are embedded.
succeeded
Running "install /boot/grub/stage1 (hd2) (hd2)1+15 p (hd2,0)/boot/grub/stage2 /boot/grub/menu.lst"... succeeded
Done.

grub> quit

Dan selesailah sudah pembuatan "USB-flash boot" anda. Silahkan di-unmount lalu cabut. Anda tinggal mencolokkan USB sebelum PC dinyalakan, dan pastikan bahwa device USB itulah yang pertama dibaca oleh PC saat booting.

Perlu diperhatikan, bahwa jika anda hanya memilih boot-list yang ada lalu menekan enter dipastikan proses booting akan gagal. Anda harus mengedit dulu perintah2 pada boot-stanza yang akan anda gunakan. Yang perlu diedit biasanya adalah device pada baris yang diawali dengan kata "root", dan beberapa parameter pada baris yang diawali dengan kata "kernel". Serta pastikan kernel dan initrd-image yang akan di-boot memang telah ada di sistem anda. Untuk boot-stanza windows, biasanya tidak perlu ada pengeditan. Menu di atas sudah bisa memboot windows pada sebagian besar PC.

Akan ada tulisan lanjutan di posting berikutnya, segera. Anda bisa bereksperimen dan berkreasi sendiri dalam pembuatan "USB-flash boot" anda masing2.

2007/08/04

Puteri Indonesia 2007: Pengecut Atau Pahlawan

"Apa perbedaan mendasar antara pengecut dan pahlawan?"

Itu pertanyaan final yang diberikan pada 3 besar pemilihan Puteri Indonesia. Pertanyaan yg cukup bagus. Agak-agak berbau jebakan, kalau menurut saya. Tapi memang pasti tiap orang akan punya pendapat yang beda tentang hal ini.

Pendapat saya, pengecut dan pahlawan adalah sama. Betul sama saja, tidak ada bedanya. Yang membuat mereka berbeda hanyalah lingkungannya. Seorang dianggap pahlawan oleh orang lain di lingkungannya (ya iyalah, masak dianggap pahlawan sama diri sendiri), tapi belum tentu dianggap pahlawan oleh orang-orang di lingkungan lain. Apalagi oleh orang-orang di lingkungan yang memusuhi orang tersebut.

Tentara Amerika, yang menurut saya (saya simpati ke Irak) adalah para teroris pengecut, pasti dianggap pahlawan oleh orang Amerika. Apalagi oleh keluarga mereka. Walaupun, tentu, orang Amerika penentang perang Irak tidak akan menganggap mereka pahlawan.

Ini mungkin terpengaruh oleh lirik lagu "Stay (Far away, so close)" gubahan Bono dari grup U2. "The vampire or the victim, it depends on who's around." Betul kan?

2 finalis di Putri Indonesia barusan, memberi jawaban standar bahwa pahlawan adalah baik dan pengecut adalah buruk. Tapi finalis dari Jawa Timur (saya bukan pendukungnya, tapi saya sedikit suka jawabannya) menjawab dengan unik.

"Menurut saya pengecut dan pahlawan adalah sama saja. Mereka telah berusaha. Hanya saja, pahlawan beruntung karena perjuangannya berhasil, sementara pengecut hanya kurang beruntung."

Begitu kira-kira jawabannya. Cukup membuat saya senang. Dan sepertinya kali ini juri sependapat dengan saya, putri dari Jatim itulah yang menang.

Secara keseluruhan, pendapat saya tentang acara ini masih sama seperti di posting saya sebelumnya. Tapi kali ini saya senang karena yang pendapatnya rada-rada mirip dg saya yang menang.

2007/07/28

Harry Potter dan Orde Burung Api (phoenix)

Hehe, mungkin telat ya. Mengingat film Harry Potter 5 ditayangkan di bioskop Indonesia sejak 12 Juli 2007, kayaknya saya emang agak telat karena baru aja nonton. Biasa nonton hasil nyedot lewat torrent. Maklumlah, masih kurang uang untuk bisa nonton di bioskop apalagi harus bawa cewek. Pusing. Mending nyedot aja, terus nonton sendiri deh.

Ada beberapa hal yang terpikir setelah nonton film ini. Pertama adalah film ini tidak akan dimengerti kalau belum pernah baca bukunya. Betul. Banyak sekali bagian cerita yang ditiadakan atau dibuat singkat. Bisa dimaklumi, karena kalau semua detil di buku dibuat adegan filmnya, 5 jam belum tentu bisa tamat. Tapi ya itulah hasilnya. Kalau ingin mengerti film ini, harus ingat betul apa saja yang terjadi seperti tertulis di buku. Atau bisa juga nonton sambil baca. =))

Hal lain adalah bahwa film ini, mungkin bahkan bukunya, bukan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Ya iyalah, buku bukan untuk dimakan. Maksud saya, ceritanya bukan untuk diikuti oleh anak-anak. Minimal 13 tahun ke atas lah. Ini cocok dengan dengan rating yang diberikan oleh CARA. Ciuman antara Harry dan Cho yang ditunjukkan dengan cukup vulgar adalah termasuk ciuman "hot". Memang tangan Harry tidak tampak "bermain-main" ke banyak tempat, dan ciumannya juga engga sepanas aktor dewasa atau ciuman di film yang x-rated, tapi tetep keliatan bahwa itu ciuman atas dasar ketertarikan secara seksual. Selain itu juga plot yang penuh dengan bunuh-bunuhan dan balas dendam jelas sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak. Minimal harus ada bimbingan orang tua.

Hal yang menarik dari film ini adalah, tetep, Emma Watson yang tampak semakin cantik. Ga tahu kenapa, dari dulu saya bogoh pisan sama Emma Watson. Ya inilah yang bikin saya bela-belain download terus nonton, meskipun gambarnya kadang ngeblur. Yang bawa kamera ke bioskop, tangannya gatel muter-muter fokus. Tapi lumayanlah.

Luna Lovegood, yang di bukunya digambarkan agak "gila". Engga gila sih, cuman pandangannya pada suatu hal agak menyimpang dari orang lain. Dan kalau gak salah, di buku ditulis, kalau matanya agak-agak juling atau berputar ke arah yg aneh gitu. Maaf agak ingat (lupanya banyak). Tapi di film ini, Luna tampil sangat cantik. Dimainkan oleh aktor baru bernama Evanna Lynch, yang wajah dan senyumnya sangat menggoda (lupa mirip siapa, tapi wajahnya bener-bener eksotik). Beda banget dengan Cho Chang yang, euh, bukan menghina, tapi wajahnya benar-benar biasa. Saya jadi bertanya-tanya, sepertinya tidak ada ABG turunan Korea yang cantik di Inggris, sampai-sampai pemeran Cho adalah Katie Leung yang menurut saya kurang pas untuk memerankan Cho. Ini kepenasaran saya semenjak Harry Potter 4. Apakah ada latar belakang politik? Tak ada yang tahu.

Ah sudahlah, nonton aja sendiri. Mau nerusin baca Harry Potter 7 dulu. Biasa hasil download juga. HAHHAHAHAHA....

2007/07/16

Yang ngerti "IT"

Kerja di sebuah penyedia webhosting semakin memperluas wawasan saya. Banyak hal yang baru saya ketahui setelah menjadi bagian dari penyedia webhosting.

Apa itu?

``Bahwa orang yang ngerti tentang Teknologi Informasi masih sangat sedikit.''

Dan yang lebih lucu lagi, ternyata kejadian ini bukan cuma di Indonesia, tapi juga di AS. Ada cerita seru di sini. Tapi itu khusus buat orang yang ngerti. Kalau yg baca sama engga ngertinya, ya sama aja bohong.

Cuman..., kesannya orang yang ngerti masalah ini jarang yang dapet penghargaan layak. Kok bisa begitu, ya?

2007/06/21

GNU/Linux OS Error Codes

Iya, saya tahu anda pasti sudah tahu. Saya kan masih pemula dan anda sudah mahir. Jadi perbolehkanlah saya untuk mendaftar kode error yang ada di GNU/Linux. Kode error ini diambil dari output program perror (dari paket MySQL).

OS error code 0: Success
OS error code 1: Operation not permitted
OS error code 2: No such file or directory
OS error code 3: No such process
OS error code 4: Interrupted system call
OS error code 5: Input/output error
OS error code 6: No such device or address
OS error code 7: Argument list too long
OS error code 8: Exec format error
OS error code 9: Bad file descriptor
OS error code 10: No child processes
OS error code 11: Resource temporarily unavailable
OS error code 12: Cannot allocate memory
OS error code 13: Permission denied
OS error code 14: Bad address
OS error code 15: Block device required
OS error code 16: Device or resource busy
OS error code 17: File exists
OS error code 18: Invalid cross-device link
OS error code 19: No such device
OS error code 20: Not a directory
OS error code 21: Is a directory
OS error code 22: Invalid argument
OS error code 23: Too many open files in system
OS error code 24: Too many open files
OS error code 25: Inappropriate ioctl for device
OS error code 26: Text file busy
OS error code 27: File too large
OS error code 28: No space left on device
OS error code 29: Illegal seek
OS error code 30: Read-only file system
OS error code 31: Too many links
OS error code 32: Broken pipe
OS error code 33: Numerical argument out of domain
OS error code 34: Numerical result out of range
OS error code 35: Resource deadlock avoided
OS error code 36: File name too long
OS error code 37: No locks available
OS error code 38: Function not implemented
OS error code 39: Directory not empty
OS error code 40: Too many levels of symbolic links
OS error code 42: No message of desired type
OS error code 43: Identifier removed
OS error code 44: Channel number out of range
OS error code 45: Level 2 not synchronized
OS error code 46: Level 3 halted
OS error code 47: Level 3 reset
OS error code 48: Link number out of range
OS error code 49: Protocol driver not attached
OS error code 50: No CSI structure available
OS error code 51: Level 2 halted
OS error code 52: Invalid exchange
OS error code 53: Invalid request descriptor
OS error code 54: Exchange full
OS error code 55: No anode
OS error code 56: Invalid request code
OS error code 57: Invalid slot
OS error code 59: Bad font file format
OS error code 60: Device not a stream
OS error code 61: No data available
OS error code 62: Timer expired
OS error code 63: Out of streams resources
OS error code 64: Machine is not on the network
OS error code 65: Package not installed
OS error code 66: Object is remote
OS error code 67: Link has been severed
OS error code 68: Advertise error
OS error code 69: Srmount error
OS error code 70: Communication error on send
OS error code 71: Protocol error
OS error code 72: Multihop attempted
OS error code 73: RFS specific error
OS error code 74: Bad message
OS error code 75: Value too large for defined data type
OS error code 76: Name not unique on network
OS error code 77: File descriptor in bad state
OS error code 78: Remote address changed
OS error code 79: Can not access a needed shared library
OS error code 80: Accessing a corrupted shared library
OS error code 81: .lib section in a.out corrupted
OS error code 82: Attempting to link in too many shared libraries
OS error code 83: Cannot exec a shared library directly
OS error code 84: Invalid or incomplete multibyte or wide character
OS error code 85: Interrupted system call should be restarted
OS error code 86: Streams pipe error
OS error code 87: Too many users
OS error code 88: Socket operation on non-socket
OS error code 89: Destination address required
OS error code 90: Message too long
OS error code 91: Protocol wrong type for socket
OS error code 92: Protocol not available
OS error code 93: Protocol not supported
OS error code 94: Socket type not supported
OS error code 95: Operation not supported
OS error code 96: Protocol family not supported
OS error code 97: Address family not supported by protocol
OS error code 98: Address already in use
OS error code 99: Cannot assign requested address
OS error code 100: Network is down
OS error code 101: Network is unreachable
OS error code 102: Network dropped connection on reset
OS error code 103: Software caused connection abort
OS error code 104: Connection reset by peer
OS error code 105: No buffer space available
OS error code 106: Transport endpoint is already connected
OS error code 107: Transport endpoint is not connected
OS error code 108: Cannot send after transport endpoint shutdown
OS error code 109: Too many references: cannot splice
OS error code 110: Connection timed out
OS error code 111: Connection refused
OS error code 112: Host is down
OS error code 113: No route to host
OS error code 114: Operation already in progress
OS error code 115: Operation now in progress
OS error code 116: Stale NFS file handle
OS error code 117: Structure needs cleaning
OS error code 118: Not a XENIX named type file
OS error code 119: No XENIX semaphores available
OS error code 120: Is a named type file
OS error code 121: Remote I/O error
OS error code 122: Disk quota exceeded
OS error code 123: No medium found
OS error code 124: Wrong medium type
OS error code 125: Operation canceled
OS error code 126: Required key not available
OS error code 127: Key has expired
OS error code 128: Key has been revoked
OS error code 129: Key was rejected by service
OS error code 130: Owner died
OS error code 131: State not recoverable

Itu sih yang saya temuin.

2007/05/14

Resep sed

Lama kali aku tak posting di blog. Ah, sudahlah, jangan dipikirkan. Aku pun tak mau berkomentar.

Jika anda (saya sendiri, sebetulnya) butuh resep penggunaan sed (baca manual sed dari mesin UNIX-like anda) yang praktis, segeralah mengacu ke halaman ini. Ada contoh untuk menghapus baris yang merupakan duplikasi, dan sebagainya. Saya pribadi cukup terbantu. Semoga semua pengguna mesin yang mirip UNIX terbantu juga.