Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2008

Transfer file komputer-ponsel dengan kdebluetooth di Debian Etch

Sebetulnya ini pengalaman lama, tapi baru saya post di sini karena pengen nulis blog tapi engga ada ide mau nulis apa. Sudah ditulis juga di blog di kantor, tapi pastinya engga bisa dibaca oleh masyarakat luas. Ini juga bukan pengetahuan baru, saya juga mengambil rujukan dari tulisan orang lain hasil googling. Ini berhasil di komputer saya aja, gak ada jaminan akan berhasil di komputer orang lain.

Berikut adalah catatan dari pengalamanku mengambil file dari ponsel baru milik Endrik lewat koneksi bluetooth. Waktu itu ponselnya baru, tapi sekarang sudah raib, kecopetan. Coba kalau masih ada, mau dah gw beli seratus rebu. Berikut adalah beberapa hal yang diperlukan untuk mengoneksikan Debian Etch dengan ponsel yang mendukung bluetooth:
Debian Etch
Modul bluetooth dari kernel (sudah ada di kernel Etch)
Bluetooth dongle, dan port USB di komputer anda
Ponsel yang punya koneksi bluetooth
Desktop KDE (silahkan merujuk ke dokumen lain jika menggunakan desktop selain KDE)
Instalasi peranti lunak
Dibut…