2013/08/05

AAC di Galaxy Fame

"Papah, file AAC gak bisa dimaenin nih!" si mamah komplen.

Seingat saya, AAC atau M4A bisa dimainkan dengan baik di hampir semua gadget Samsung yang menggunakan OS Android. Saya periksa di feature sheet Samsung Galaxy Fame juga mengatakan bahwa dia mendukung format AAC bahkan AAC+.

Akhirnya saya pinjam dulu itu henpon, lalu saya coba2 nyetel beberapa file audio. Nyatanya hanya sebagian file AAC yang tidak bisa dimainkan. Jadi ada yang bisa dimainkan dan ada juga yang tidak. Bahkan format output dari audio recorder defaultnya adalah M4A (yang merupakan sinonim dari AAC).

Saya coba sedot file2 AAC yang bisa dimainkan dan tidak bisa dimainkan ke PC. Saya periksa dengan perintah 'file' dan tampaklah bedanya. File yang bisa dimainkan adalah file AAC yang _tidak berisi_ tag ID3. Sementara file yang berisi tag ID3 (ada title, artist, dll) tidak bisa dimainkan. (Catatan: player yg digunakan adalah player default).

$ file *.aac
bisa.aac: MPEG ADTS, AAC, v4 LC, 44.1 kHz, stereo
gabisa.aac: Audio file with ID3 version 2.3.0, contains: MPEG ADTS, AAC, v4 LC, 44.1 kHz, stereo


Jadinya saya gunakanlah perintah 'id3v2 -D *.aac' untuk menghapus ID3 yang yang ada di file2 tersebut. Dan hasilnya adalah semua file tsb bisa dimainkan.

"Nih, mah, udah bisa disetel sekarang."

3 comments:

adpit said...

mantap dah Agan bumbu2 romasanya cihuyy :D

idud said...

@adpit: namanya juga penganten baru :p

albina N muro said...

Seingat saya, AAC atau M4A bisa dimainkan dengan baik di hampir semua gadget Samsung yang menggunakan OS Android. Saya periksa di feature sheet Samsung Galaxy Fame juga mengatakan bahwa dia mendukung format AAC bahkan AAC+. Perijinan akte tanah di yogyakarta