2009/07/28

Gerhana bumi

Pastinya masih berhubungan dengan fenomena gerhana matahari total beberapa hari lalu yang membuat Sersan 'Ndank mengirim sms seperti ini malam tadi:
Gerhana bumi dapat
diketahui ketika manusia
yang ada di matahari tidak
dapat melihat bumi karena
terhalang bayangan matahari.

Ah, sebuah definisi yang aneh. Tapi tidak mengherankan, karena Sersan 'Ndank ini kadang memiliki pemikiran yang rada2 twisted. Tapi jangan kuatir, dia gak bakal bisa menandingi Mbah Dharmo kalau dalam defek pikiran.

Gatal, jempol Simbah langsung mengetik balasan:
Atau ketika makhluk di bulan
tdk bisa melihat bumi karena
terhalang piringan matahari.

Geura insap atuh sersan!


Ada satu hal yang sedikit membuat Simbah berpikir. Dua definisi di atas bisa diterima karena memang analogis dengan definisi yang sudah ada selama ini.

Definisi yang diajukan Sersan 'Ndank analogis dengan definisi gerhana bulan yang kita kenal selama ini,

  • Gerhana bulan: pengamat ada di bumi, dan bulan tidak terlihat (sebagian) karena tertutup oleh bayangan bumi. Terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi[1].
  • Gerhana bumi: pengamat ada di matahari, dan bumi tidak terlihat (sebagian) karena tertutup oleh bayangan matahari.


Benar2 out of line, kan? Gimana bisa ada pengamat di matahari? Dan kalau bumi terhalang oleh bayangan matahari, berarti ada objek dengan yang lebih cerlang dari matahari pada jarak yang memungkinkan matahari memiliki bayangan. Di tatasurya kita mah engga ada. Beuh ..., dasar si Sersan!

Tapi kemudian dia ngasih komentar terakhir:
di dinya mah analogina
gerhana matahari. urang mah
make analogi gerhana bulan.
hehe.. jalmina main manten.


Ya, betul. Mbah Dharmo menganalogikannya dengan gerhana matahari,

  • Gerhana matahari: pengamat di bumi, dan piringan matahari tertutup (sebagian) piringan bulan. Terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari[2].
  • Gerhana bumi: pengamat di bulan, dan piringan bumi tertutup (sebagian) piringan matahari.


Entah kenapa dua gerhana itu tidak sama persis definisinya. Simbah tidak ingat pernah mendapat pencerahan tentang apa yang membuat dua definisi gerhana itu beda. Yah, lagipula itu kan tugasnya para sarjana Astronomi. Operator komputer seperti Simbah cuma harus bisa apt-get, beres deh. Liat aja, rujukannya juga cuman wikipedia.

Rujukan:
[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan
[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_matahari

No comments: