2005/02/25

Komputer lemot

Akhir2 ini saya compile kernel linux di mesin dg prosesor Intel Pentium II 300Mhz. Weeeh...! Lambatnya minta ampun. Kalo biasanya saya ngabisin 1 jam utk compile kernel 2.6.x di mesin dg AMD Duron 1.1Ghz, di mesin yg lemot ini saya ngabisin sekitar 3-4 jam. Emang sih kalo ngeksekusi program yg cuman ngabisin waktu sekitar 10 detik, maka kita masih bisa toleransi dg waktu eksekusi 30 detik. Tapi kalo 1 jam kan ekivalennya dg 3 jam, gempor atuh.

Makanya, kayaknya saya lebih milih utk compile kernel di mesin yg cepet aja.

2005/02/18

Pirus?

Ada temen yang dapet e-mail yang katanya isinya virus. Berhubung e-mail tersebut dibaca di mesin FreeBSD (telnet terus pake pine), saya berani untuk meminta dia men-save file yang katanya virus tersebut ke mesin dia lalu ditransfer ke mesin lain yang pake GNU/Linux. Ternyata ada yg cukup membingungkan:

$ ll
total 23
-rw-r--r-- 1 idud tamu 22414 Feb 17 12:31 Important.zip
$ unzip -l Important.zip
Archive: Important.zip
Length Date Time Name
-------- ---- ---- ----
22016 02-01-05 19:34 Important.txt
.exe
-------- -------
22016 1 file


Kok aneh ya? Statement ``total 23'' juga membingungkan. Yang lebih aneh lagi:

$ unzip Important.zip
Archive: Important.zip
extracting: Important.txt
.exe
$ ll -a
total 93
drwxr-xr-x 2 idud tamu 1024 Feb 18 09:11 .
drwxrwxrwt 6 root root 46080 Feb 18 09:11 ..
-rw-r--r-- 1 idud tamu 22016 Feb 1 19:34 Important.txt
.exe
-rw-r--r-- 1 idud tamu 22414 Feb 17 12:31 Important.zip
$ file .exe
.exe: can't stat `.exe' (No such file or directory).

Tuh, ``total 93'' sekarang. Kenapa ya?

2005/02/17

Oneng Not Oneng

Sungguh naas nasib Rieke Diah Pitaloka. Bukan karena kecelakaan, lho. Tapi jika kita melihat wajahnya maka yang terbayang adalah Mpok Oneng istrinya Bang Bajuri, dan tentu saja kelakuannya yang 'oon. Kesan ini muncul setelah perannya yang (IMHO) cukup sukses di sinetron ``Bajaj Bajuri'' yang disiarkan oleh Trans TV.

Namun, khusus bagi saya, kesan tersebut sirna setelah nonton acara ``Lepas Malam'' (Trans TV juga) tadi malam. Dalam acara yang di-produser-i oleh Farhan yang sekaligus juga menjadi host, ``Mpok Oneng'' hadir menjadi bintang tamu bersama seorang menteri kabinet SBY, saya lupa Menteri Keuangan atau apa (nontonnya cuman sekilas sih). Tapi jika menilik pembicaraannya tentang keuangan dan hutang negara, ya engga akan jauh lah.

Entah memang sudah diberi tahu oleh pihak penyelenggara acara atau emang kemampuan dan wawasan Mpok Oneng yang cukup baik, ia bisa menimpali omongan si ``Pak Menteri'' dengan cukup tepat. Seperti saat menteri itu bilang,

``Agama kan menyuruh kita untuk membayar tiap sen hutang kita...''

Oneng langsung menimpali,

``Tapi kan menurut penelitian, bayi yang baru lahir aja langsung menanggung hutang 7,3 juta rupiah, gimana bisa bayar hutang? Lagian saya engga mau bayar hutang jika yg make entuh duit bukan saya.''

Entah angka yang disebutkannya itu benar atau apakah penelitian tentang itu ada atau tidak saya tidak tahu, tapi omongannya cukup rasional juga mengingat hutang negara kita yang sangat besar. Saya tak berani nyebut angka karena emang engga tahu secara pasti.

Pada obrolan berikutnya pak Menteri bilang,

``Kewajiban mahasiswa itu cuma 3: belajar, belajar, dan belajar.''

Langsung ditimpalin Oneng,

``Satu lagi, bayar uang kuliah. Kan mahal, tuh.''

Hehe, bener banget, padahal si pak Menteri ini dosen di Unpad dan berada di departemen keuangan (kalo gak salah) tapi kok engga ngingetin soal uang kuliah.

Mungkin tidak terlalu intelek, tapi menurut saya cukup untuk menyatakan kalo Mpok Oneng itu cuma dalam sinetron, bukan Teh Rieke yang sebenarnya. Emang apa peduliku? Siapa elu, siapa gue? Hehe, ini mah cuman iseng lagi pengen ngetik. Btw, pembicaraan di acara Lepas malam itu tidak persis seperti tertulis diatas, yang saya tulis diatas hanya hal2 yang saya inget, sorry aje ye kalo ade saleh kate.

2005/02/03

Indonesia Diguncang

Setidaknya 2 gempa berukuran > 5 skala Richter mengguncang kepulauan Indonesia kemarin (02012005). Yang satu di Papua Nugini (post di bawah) yang satu lagi di Garut-Bandung (http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0205/03/0101.htm).

"Mungkin Tuhan mulai bosan, melihat tingkah kita..."

2005/02/02

Kerasa Sampe Bandung

Dari http://earthquake.usgs.gov/recenteqsww/Quakes/usuaag.htm:

A moderate earthquake occurred at 06:28:35 (UTC) on Wednesday, February 2, 2005. The magnitude 5.8 event has been located NEAR THE SOUTH COAST OF NEW GUINEA, P.N.G.. The hypocentral depth was poorly constrained. (This event has been reviewed by a seismologist.)

Magnitude: 5.8
Date-Time: Wednesday, February 2, 2005 at 06:28:35 (UTC) = Coordinated Universal Time
Wednesday, February 2, 2005 at 4:28:35 PM = local time at epicenter
Time of Earthquake in other Time Zones
Location 7.436°S, 145.111°E
Depth 13.6 km (8.5 miles) (poorly constrained)
Region NEAR SOUTH COAST OF NEW GUINEA, P.N.G.
Distances
95 km (60 miles) NW of Kerema, New Guinea, PNG
155 km (95 miles) SSW of Goroka, New Guinea, PNG
320 km (200 miles) NW of PORT MORESBY, Papua New Guinea
2370 km (1470 miles) NNW of BRISBANE, Queensland, Australia
Location Uncertainty horizontal +/- 11.3 km (7.0 miles); depth +/- 33.9 km (21.1 miles)
Parameters Nst= 53, Nph= 53, Dmin=313.3 km, Rmss=0.94 sec, Gp= 40°,
M-type = moment magnitude (Mw), Version=6
Source: USGS NEIC (WDCS-D)
Event ID: usuaag

2005/02/01

I Hate Kakashi-sensei

Membaca manga Naruto sampai yang terbaru beberapa bulan lalu (fansub). Tapi mulai lagi dari awal beberapa hari yang lalu. Dari dulu juga saya memang tidak suka pada Kakashi-sensei karena sikap militerisme-nya. Dan sekarang tambah tidak suka karena ternyata pilih kasih.

Di bagian menjelang final ujian chuunin, dia pergi melatih Sasuke sementara menyediakan pelatih konyol macam Ebisu-sensei untuk melatih Naruto. Saya tak tahu motif lain selain cuma ingin memajukan Sasuke dan tak peduli pada Naruto. Itu jelas bukan seseorang yang patut diteladani.

Tapi apa peduliku? Aku cuman pembaca, dan tak terlalu maniak. Tapi saya nungguin juga kelanjutannya.