2009/10/23

Jatuh bangun aku

Saya agak terenyuh membaca sebuah artikel (yang ternyata merupakan kutipan) di kantor tentang meninggalnya artis dangdut Meggy Z. Ya, beliau meninggal sekitar dua hari yang lalu. Tentu itu bukan berita lagi, sepertinya seluruh rakyat Indonesia sudah tahu.

Yang bikin saya tersentuh adalah kutipan lirik lagu Jatuh Bangun yang ditulis di artikel tersebut.

Meggy Z – Jatuh Bangun

jatuh bangun aku mengejarmu
namun dirimu tak mau mengerti
kubawakan segenggam cinta
namun kau meminta diriku
membawakan bulan ke pangkuanmu ...


Entah kenapa perasaan saya seperti dibawa ke masa lalu. Masa lalu yang agak jauh. Masa lalu yang cukup jauh. Masa lalu yang sangat jauh. Dan masa lalu yang dekat. Hehe ...

Tidak terlalu analogis dengan cerita2 saya, tapi beberapa bagian ada yg cukup "mengena."

Baiklah, mari kita setel lagu itu sepanjang sore ini ...

Eh, engga, ding, sepuluh kali berturut2 aja deh.

for f in `seq 1 10`; do
  mpg321 -v Meggy\ Z\ -\ Jatuh\ Bangun.mp3;
  sleep 5s;
done



*keriting keriting dah kalian yg di dalem ruangan dengerin lagu ini gw setel keras2*

2009/10/20

Paranoid gempa

SMS dari kakak di Tasik mengabarkan barusan (2009/10/20 19.05) terjadi gempa. Katanya lumayan besar, dan bikin panik.

Sejak gempa awal bulan puasa kemaren, saya (dan kemungkinan semua orang yang kerja di gedung tinggi) jadi agak paranoid. Dua kali gempa yang cukup besar (Tasikmalaya dan Selat Sunda) selalu ditengarai oleh kepala yang terasa pusing. Mungkin akibat goyangan yang tidak terantisipasi.

Jadinya, tiap kali terasa pusing saya udah mulai siap2 untuk panik.

Dulu, saya biasa nyimpen ponsel, dompet, uang, charger ponsel dan banyak sekali hal secara sembarangan di atas meja. Sekarang, semua sudah harus selalu siap berada di dalam tas. Jadi kalau terjadi gempa, tinggal nyambar tas, dan semua barang sudah terangkut dalam satu paket.

Menyedihkan ya?

2009/10/11

Call me Dewey

For the color of water, dew, is blue.

Saya suka Dewey Duck. Yeah, kenyataannya saya suka tokoh2 protagonis di semesta Donal Bebek (Donald Duck universe). Tapi entah kenapa saya selalu mengasosiasikan diri saya sebagai Dewey Duck, atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Kwek Bebek. Itu, loh, salah satu ponakan paman Donal yang selalu memakai topi belang biru.

Tentu, sebetulnya tokoh idola saya adalah Donal Bebek. Hehe, bahkan cinta mati (ditinggal kawin) saya selalu saya sebut sebagai Desi Bebek. Tapi saya tidak berani mengasosiasikan diri sebagai paman Donal. Entahlah, mungkin dia terlalu hebat. Mungkin terlalu "tokoh utama." Bisa jadi itu juga yang menyebabkan saya ditinggal kawin, hehehe ....

Beberapa hal yang mendasari saya untuk berasosiasi dengan Dewey adalah:

  1. Kwek disebut di tengah. Kwik, Kwek dan Kwak. Dari lima bersaudara, tiga yang terakhir adalah penggemar tiga bebek kecil ini. Kakak, saya, dan adik bungsu. Saya di tengah, jadi saya adalah Kwek.
  2. Sejak dulu saya yakin bahwa Kwek adalah yang beratribut warna biru. Baik itu topi ataupun kadang2 baju. Saya pecinta warna biru.
  3. Kwek atau Dewey AFAIK adalah yang paling sering disebut atau dipanggil dalam komik Donal Bebek ataupun Paman Gober. Dia yang paling terkenal, artinya cocok jika diasosiasikan dengan saya (engga kebalik?).


Sekarang, setelah kenal Internet, akses ke komik Donal Bebek lebih mudah lagi. Begitu juga dengan informasinya. Artikel di wikipedia semakin mengukuhkan bahwa saya adalah Dewey.

It slowly became established that Huey is dressed in red, Dewey in blue, and Louie in green. Disney's archivist Dave Smith, in "Disney A to Z," said, "Note that the brightest hue of the three is red (Huey), the color of water, dew, is blue (Dewey), and that leaves Louie, and leaves are green."[1]


Ternyata bukan cuma warna biru, tapi juga soal hobby.

In Quack Pack, the boys were given distinct personalities, with Huey serving as the group's leader, Dewey as a computer whiz, and Louie as enjoying sports.[2]


Dan ternyata eh ternyata, saya baru nyadar. Di silsilah keluarga Donal Bebek yang dibuat oleh Gilles Maurice (yg sudah saya salin sejak 2007), jelas sekali diperlihatkan bahwa Huebert bertopi merah, Deuteronomy bertopi biru dan Louis bertopi hijau.[3] Maap, telat, hihihi ....

So, cocok banget kan? Jadi, panggil aku Dewey. (Tapi jangan Kwek, gak enak kedengerannya)


---
[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Huey,_Dewey,_and_Louie#Colors_of_Huey.2C_Dewey.2C_and_Louie.27s_caps
[2] http://en.wikipedia.org/wiki/Huey,_Dewey,_and_Louie#After_DuckTales
[3] Gilles Maurice for Calisota.org. Donald Duck's Family Tree.

2009/10/01

Try to Senen-Kemis

AC di gedung highrise khusus perkantoran itu hari ini normal. Pembicaraan para penghuninyapun mulai aman terkendali.

***

SPV: Rider, orang Muslim kalo puasa Senin-Kamis itu wajib ya?

MX Rider: Hukumnya sunat. Tapi orang2 biasanya nyenen-kemis kalau ada tujuan tertentu.

Mandor Keliling: Kan sering gw bilang, biasanya yg puasa gitu orang nyari jodo.

MX Rider: (pada si mandor) Mangkanya, kang, engga lewat puasa Senen-Kemis, sih, gak awet deh.

Mandor Keliling: Heuheu, bisa jadi. Kayaknya harus nyenen-kemis nih.

Si Mandor baru nyadar kalau hari ini sudah hari Kamis.

Mandor Keliling: Ah, dasar Rider gak beres, ngasih tau dari kemaren dong, ini kan udah Kemis! Gue bisa mulai hari ini kalo tau dari kemaren.

***

GA maniak: artinya apaan tuh status?
Mandor Keliling: "try to see it my way?"
GA maniak: iyeh
Mandor Keliling: baris pertama lagu "we can work it out" dari the beatles
Mandor Keliling: "try to see it my way
Mandor Keliling: "you can get it wrong but still you think that it's alright"
GA maniak: ooooo gituh ..sangkain apaan
Mandor Keliling: haha, sebulan yg lalu itu punya arti
Mandor Keliling: sekarang, cuma status ym
GA maniak: lalu ...
Mandor Keliling: lalu lintas
GA maniak: lagi berantem ye?
GA maniak: maren
Mandor Keliling: hmm
Mandor Keliling: gak kok
GA maniak: tapi?
Mandor Keliling: malu ah
Mandor Keliling: masalah pribadi
Mandor Keliling: private area
Mandor Keliling: alat vital
GA maniak: aih aih mak

***

Sejuk, aman, terkendali, tapi tetep ngocol.