2009/05/19

Menyatukan dua atau lebih file multimedia

Seorang teman kerja bertanya bagaimana cara menyatukan dua (atau lebih) file multimedia. Dulu, saya inget, saya pernah nunjukkin caranya. Tapi berhubung waktu itu saya tidak memberi contekan perintahnya seperti apa, bisa dimaklumi kalau sekarang beliau lupa, hihihi...

Caranya adalah seperti di bawah ini. Saya ambil yang sederhana aja, yaitu tanpa perubahan format. Kalau mau transcoding codec dan format container, silahkan baca sajalah manualnya. Sebetulnya cara ini bisa ditemukan di situs2 lain, kalau mau nyari, dan mencari dengan kata kunci yang tepat. Program yang saya pakai adalah MEncoder dari MPlayer, dijalankan di atas Debian Lenny (versi utk OS lain juga ada).

Misal kita punya dua file dari VCD. Ekstensinya biasanya DAT, codec MPEG1, dalam format MPEG. Perintah untuk menyatukan dua file itu (avseq{1,2}.dat menjadi file_output.mpg) adalah:

mencoder -oac copy -ovc copy -of mpeg -o file_output.mpg avseq1.dat avseq2.dat

Kalau kedua file sumber dalam format AVI, maka opsi -of tidak perlu diinvokasi, karena default output MEncoder adalah format AVI. Perintahnya jadi seperti ini:

mencoder -oac copy -ovc copy -o file_output.avi file1.avi file2.avi

Satu hal yang harus diperhatikan adalah semua file sumber harus memiliki dimensi (resolusi) dan framerate yang persis sama. Kalau beda, proses penyatuan akan gagal. Bisa saja sih, salahsatu file sumber diproses dulu supaya memiliki dimensi dan framerate yang sama, tapi untuk itu mestilah dibuat penjelasan lain yang lebih panjang dan spesifik.

Sederhananya, sih, begitu saja.

No comments: