Skip to main content

Instal cPanel di belakang proxy

Harus instal cPanel di server dengan benwit internasional yg dicekik habis. Ini bisa ngabisin puluhan hari nampaknya hanya untuk instalasi saja. Itupun belum tentu berhasil dengan baik, soalnya kompilasi ulang apache+php serta hal lain juga mengharuskan download beberapa paket dari mirror resmi cPanel.

Tapi rupanya masih diberi keberuntungan. Ada teman yang membolehkan menggunakan transparent proxy yang bisa diakses dengan benwit ~100mbps lewat jaringan IIX. Dan server proxy ini punya benwit internasional yg cukup bisa diandalkan.

Sayang, skrip instalasi cPanel tidak mengindahkan setting environment http_proxy. Jadi meski kita udah eksport env tersebut, bahkan sudah menulis konfigurasi utk wget dan curl, tetep aja proses download tidak melewati server proxy. Mungkin ada yg kurang?

Akhirnya, hasil coba2, saya paksa sajalah supaya semua request ke port 80 dilarikan ke server proxy di level firewall (firewall atau routing? gak tau deh). Saya pake rule ini:

iptables -t nat -A OUTPUT -d ! IP_SERVER -p tcp --dport 80 -j DNAT --to-destination IP_PROXY:PORT

Lalu lanjutkanlah instalasi. Sambil nengok iptraf juga bisa, biar kita tahu file2 didownload dari server mana. Kalau pengalaman saya sih, file2 itu didownload dari server proxy, hehe.

Comments

ipangsan said…
abangku tersayaang hehehe lebaayy...
i was try with ur way, bau still cannot..?
why..?
where is wrong.?

Thx
idud said…
@ipangsan: masak sih gagal? Kalau kondisi kayak gini:

IP server yg lagi instal cpanel: 1.1.1.1
IP server proxy: 2.2.2.2
port proxy: 8080

maka perintahnya jadi gini:

iptables -t nat -A OUTPUT -d ! 1.1.1.1 -p tcp --dport 80 -j DNAT --to-destination 2.2.2.2:8080

Atau -A sebelum OUTPUT bisa juga diganti dengan -I.

Terus ulangi deh instalasinya.