2008/11/27

Smallville S08E11 tahun depan

Aaaaaaarrrggggghhhhhhhhhhh........!!!!!

Smallville season 8 episode 11 baru akan tayang tanggal 15 Januari 2009. Siallllllllllll.....!!!! Padahal tadi siang aku udah bilang kalau ini adalah minggu yang menyenangkan.

Kesel kesel kesel kesel...!!!!

2008/11/26

Menggunakan link selain default gateway untuk SMTP

Gak yakin juga apakah trik di dalam tulisan ini bisa disebut port based routing atau bukan. Tapi yang pasti bisa memenuhi kebutuhan untuk melarikan arah route jika ingin mengirimkan paket ke port tertentu.

Kasus: saya punya server yang selain berfungsi sebagai webserver dan mail server. Ada sekitar 200 akun email di server itu, yang tiap harinya maenan milis terus menerus. Bandwidth IIX sih berlimpah, permasalahannya adalah bandwidth internasional yang bener2 irit (mahalll). Masalah akses web memang lancar, karena pengakses hanya dari Indonesia. Tapi kan penyedia milis paling terkenal adalah raksasa yahoogroups dan googlegroups. Jelas bw internasional di sini yang berperan.

Solusi: akhirnya saya putuskan menambah link untuk server itu dari ISP lain yang menyediakan bw int'l yang lebih murah.

Nah, saya ingin agar link baru dengan bw int'l yang lumayan besar ini hanya digunakan untuk pengiriman email. Kalau soal nerima email mah gampang, tinggal ganti record MX dari domain yg saya kelola supaya mengarah ke IP dari link baru ini. Untuk itu kemudian saya cari cara supaya hanya paket yang ditujukan ke server lain dengan port tujuan 25, ie. pengiriman email, di-route-kan lewat link baru ini.

Cari2 di google, ternyata agak sulit mencari solusi yg tepat. Atau karena saya yg kurang tajem dalam hal pencarian ya? Hahaha, intinya adalah tidak ketemu, heup dugi ka dinya.

Akhirnya buka2 lagi catetan, dan menemukan artikel tentang proxy transparan dengan server proxy yang beda dengan router. Saya rasa intinya sama, yaitu ingin melarikan route paket yang dikirim ke port 80 lewat IP lain. Perbedaannya adalah: port tujuan adalah 25, server yang sama tapi IP beda (link dari ISP lain).

Untuk itu, saya ikuti tutorial tersebut tapi diubah2 sedikit sesuai kebutuhan.

Dengan konfigurasi seperti:
IP LAMA (default gateway): eth0 10.34.86.77, semua paket keluar lewat link ini.
IP BARU (link dari ISP baru): eth1 192.168.79.3

Saya buat packet marking di tabel mangle iptables, khusus untuk paket keluar dengan port tujuan 25. Perintahnya:

iptables -t mangle -A OUTPUT -p tcp --dport 25 -d ! 10.34.86.77 -j MARK --set-mark 25
iptables -t mangle -A OUTPUT -p tcp --dport 25 -d ! 192.168.79.3 -j MARK --set-mark 25
iptables -t mangle -A OUTPUT -p tcp --dport 25 -d ! 127.0.0.1 -j MARK --set-mark 25


Saya buat 3 rule karena di server ada 3 IP (yg satu localhost), dan kita ingin melarikan paket yang dikirim bukan ke IP server, ya iyalah namanya juga ngirim. Angka 25 untuk set mark bisa diganti jika angka tersebut sudah digunakan untuk marking paket lain. Angka berapa saja yg bisa digunakan saya kurang tahu, males buka2 manual iptables.

Setelah paket ditandai (marking), saya membuat rule supaya paket tersebut di-route-kan lewat IP BARU. Pertama saya pastikan iproute2 sudah terinstal. Pakai apt, yum, synaptic, urpmi, atau apapun. Lalu buatlah sebuah route table khusus. Caranya tambahkan baris seperti ini (baris tersendiri) pada file /etc/iproute2/rt_tables:

25 mailgate

Angka 25 bisa diganti, angka yang boleh digunakan adalah antara 1-252. Kata "mailgate" juga boleh diganti. Dan berikut adalah perintah iproute untuk melarikan rute paket yang telah ditandai ke IP BARU (yg bukan default gateway):

ip rule add fwmark 25 table mailgate
ip route add default via 192.168.79.3 dev eth1 table mailgate


Angka 25 pada fwmark disesuaikan dengan set mark pada iptables.

Dan selesailah sudah. Sekarang semua pengiriman email dilarikan lewat link dari ISP yang baru. Tinggal membuat supaya perintah2 tadi dieksekusi tiap kali boot. Itu mah bisa di /etc/rc.local.

Bisa juga sih packet marking ditambahi supaya pengiriman email ke luar negeri saja yang melewati link baru ini, sementara kalau email ke IIX bisa pakai link default. Tapi ini aja tulisannya udah lumayan panjang. Males kalau harus nulis lebih panjang lagi.

2008/11/24

Beruntung?

Ada yg pernah merasa sangat beruntung karena telah mengambil keputusan yang sangat, sangat, SANGAT benar? Apalagi, saat pengambilan keputusan, kita sempat dibingungkan karena hati kita mengisyaratkan/menyarankan lain. Ketika kita tahu bahwa itu adalah keputusan yang tepat, senang sekali rasanya.

Semoga banyak juga yang beruntung.

Jadi potongan lirik Stranger By The Day dari Shades Apart saya ubah dikit:
I'm not really get surprised
I knew it from the start
Your alibi's no good.

2008/11/20

With all my might, I'll try to forget you

Kemaren pagi... Eh, tepatnya kemaren siang, mangap saya bangun kesiangan. Saya naek bis Kopaja 605 menuju Cilandak. Begitu naek ke bis, duduk, tiba2 saja sebuah lagu melintas di pikiran. Entah datang dari mana itu lagu, kok bisa tiba2 saja melintas. Baru inget, sejak Minggu malem sampe Selasa sore, lagu itu bertengger di playlist Amarok di kantor. Dan dengan refleks, otak saya mulai mendendangkan lagu tersebut. Lagu dari album the best-nya Mr. Big, Not One Night.

Maaf, cuma berani berdendang di otak (pikiran) saja. Kalau saya nyanyi2 dengan keras di dalem bis, bisa2 penumpang lain pada ngasih duit begitu saya selesai nyanyi. Ya itu masih mending. Gimana kalau mereka teriak, "Diem loh, suara sumbang aja pake pengen nyanyi!"? Atau membatin, "Aduh, muka sih ganteng, tapi suaranya gak nahaan..." Atau ada yg ngasih saran, "Ikut Indonesian Dodol aja mas, biar bisa diketawain di seluruh Indonesia." Jadi, demi terciptanya perdamaian dunia yang hakiki, saya berdendang di dalam pikiran saja.

Bagian chorus dari lagu itu lumayan menggelitik ketika sedikit lebih diperhatikan. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang di bawah standar, nilai TOEFL 0, saya berusaha mencerna lirik lagu tersebut.

Since you've been gone
I learned to stop tryin' to hold on, because
There's not one night, one single day
That I wouldn't give to you.
So with all my might in every way,
I'll try to forget you too.


Saya mencium bau "balas dendam" di sini. Bukan balas dendam dengan cara melakukan perbuatan yang sama dengan yg dilakukan oleh si offender. Tapi lebih ke penenangan hati. Si offender telah melakukan hal yang pastinya menyakitkan bagi si penyanyi. Lebih tepatnya, si offender telah "mencampakkan" si penyanyi padahal si penyanyi rela memberikan segalanya. Dan si penyanyi membalasnya dengan melupakan si offender dengan sekuat tenaga.

Heuheuheu, sebuah balas dendam yang lemah. Tapi saya rasa ini adalah solusi damai yang baik. Tidak akan terjadi perang. Tapi menghapus semua ingatan tentang orang yang telah menyakiti cukup memberikan kepuasan bagi orang yang telah tersakiti. Gitu kali ya.

Rasanya layak untuk dipraktekkan.

Lirik lengkap lagu itu seperti di bawah ini. Diambil dari www.sing365.com.

I used to dream of only you
now I don't do that.
I used to miss talkin' to you
oh, now I don't do that.

Since you've been gone I learned to stop
tryin' to hold on because

there's not one night, one single day
that I wouldn't give to you.
So with all my might in every way,
I'll try to forget you too.

I thought you could tell me anything
yeah, you used to do that.
You let me inside of everything
yeah, you used to do that.

Never to change at least I thought
it feels so strange because

there's not one night, one single day
that I wouldn't give to you.
So with all my might in every way,
I'll try to forget you too.

Loneliness may come knockin' at my door
where I'm comin' from that don't phase me anymore.
Time has shed a little light on where I'm supposed to be
there ain't no used in thinking you'll come running back to me.

Since you've been gone I learned to stop
tryin' to hold on because

there's not one night, one single day
that I wouldn't give to you.
So with all my might in every way,
I'll try to forget you too.


``Jang, kok sakit hati terus sih?''

Suka2 guwe dong. Jangan suka ikut campur!

2008/11/17

Superman, it's not easy to be you

Superman cuma ada dalam dunia imajinasi. Dan dalam cerita2 tentang Superman, baik itu komik DC, film layar lebar, sinetron2 tentang Superboy dan Superman (Superboy, Lois and Clark, Smallville, dll) selalu digambarkan bahwa menjadi seorang manusia super tidaklah mudah.

Khusus dalam sinetron Smallville yang genre-nya lebih ke arah drama, hal2 emosional dalam diri Superman yang lebih banyak diekspos. Mulai dari pencarian jati diri, cinta, persahabatan, intrik, sampai pada keberuntungan bayi Kal-El yang diangkat anak oleh pasangan bijak Jonathan dan Martha Kent.

Ada satu hal yang selalu digaris bawahi oleh sahabat2 Clark dalam sinetron ini. Saya lupa siapa saja yang pernah mengungkapkannya, tapi kalau tidak salah Oliver Queen (Green Arrow) dan Chloe Sullivan pernah mengungkapkan, bahwa Clark adalah seorang yang selalu mencoba untuk melihat sisi baik dari setiap orang. Bahkan ketika Pa Kent benci sekali pada keluarga Luthor, Clark selalu berusaha untuk mencari kebaikan dalam diri para Luthor. Tapi sayang, karena kita semua tahu Lex Luthor adalah arch-enemy dari Superman, saya anggap usaha Clark pada kasus ini sia2.

Yah... Superman aja bisa gagal, apalagi saya yang cuma orang biasa. Dan ini dunia nyata lagi.

Sekuat tenaga saya berusaha untuk mencari kebaikan dalam diri semua orang, bahkan orang yang telah menyakiti (terang2an maupun di belakang), beberapa kasus menunjukkan kegagalan yang sangat total. Gatot. Padahal Subroto aja engga Gatot2 amat (ngutip kata2 si Teguh temennya Andi, *saha eta?*).

Saya tidak tahu, apakah saya harus terus mencari kebaikan dalam diri mereka? Atau sudahlah, cap saja mereka sebagai orang jahat? Sejahat anggapan mereka tentang saya.

Yeah, Superman, it's not easy to be you.

2008/11/07

Taare Zameen Par vs. Mama I Love You

Mana yg lebih dulu (baca: "mana yg nyontex")? Bukan tentang trailernya ya, tapi tentang ceritanya. Ah, peduli amat lah, hehe..

Taare Zameen Par (2007)

  • http://www.imdb.com/title/tt1268800/

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Taare_Zameen_Par

    Taare Zameen Par tells the story of eight year old Ishaan (Darsheel Safary) who suffers greatly until a teacher (Aamir Khan) identifies him as dyslexic. Both commercially and critically acclaimed,[6] Taare Zameen Par won the 2008 Filmfare Best Movie Award as well as a number of other Filmfare and Star Screen Awards.

  • Trailer:




Ikhsan: Mama I Love You (2008)