2008/04/30

Tampilan nomor satu, sekuritas engga perlu

Mengutip Ahmad Sofyan dari berita di Okezone: Cukup banyak pihak yang memerlukan layanan webhosting. Namun mereka bingung dengan berbagai jargon teknis yang ada, seperti SSH, redirect, mySQL, quota disk atau bandwidth, dan sebagainya. Padahal, pada dasarnya mereka hanya membutuhkan website yang berfungsi baik, itu saja," ujar Direktur Rimbalinux Ahmad Sofyan dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.


Nampak inilah yang dimaksud oleh Budi Rahardjo yang ditulis DetikInet waktu musim deface situs pemerintah beberapa minggu yang lalu: "Biasanya yang penting webnya jalan dulu, baru kemudian memikirkan masalah sekuriti lalu yang ketiga performa," ujarnya kepada detikINET yang dihubungi via telepon, Rabu (16/4/2008). Bahkan, lanjut Budi, kadang-kadang admin lupa meng-upgrade software karena alasan sibuk, proyek sudah selesai ataupun tidak ada dana untuk upgrade.

Hmmm ya kayak ginilah kalau suatu bangsa yang dibesarkan hanya untuk cari duit. Ketika melihat bahwa situs web bisa membantu menaikkan popularitas (yang pasti ujung2nya menaikkan pemasukan), beramai-ramailah mereka pasang situs web tanpa tahu dan tanpa merasa perlu untuk mempelajari ilmunya terlebih dahulu.

Saya kurang setuju dengan Ahmad Sofyan. Supaya sebuah website berfungsi dengan baik, administrator/pemilik situs tersebut harus tahu tentang masalah teknis yang notabene memang rumit. Tidak mungkin pengurus webhosting bisa menangani situs yang dihost di tempat mereka semuanya sekaligus. Entah itu tentang masalah tampilan ataupun sekuritas. Kalau gue sih yakin gempor... Gak tahu juga sih kalau orang lain.

Cuma bisa berdoa kalau orang Indonesia semakin meningkat kualitas pendidikannya.

3 comments:

hilmna said...

ngiring ngaminan we nya Kang Idud...

oRiDo said...

setelah web nya jalan.. lupa dehama security nya..
hahahahaha...

idud said...

setelah web nya jalan.. lupa dehama security nya..
hahahahaha...


Itulah yang biasanya terjadi. Halah...