2008/04/08

Indosat ngeblok multiply (terkait kasus Youtube)

Ah dasar kurang beruntung. IM2 yang sangat kuandalkan selain ngeblok youtube ternyata juga ngeblok multiply. Yah, dengan sangat menyesal, untuk ngakses multiply harus pake speedy.

Telkom kelihatannya sudah menutup akses ke youtube, tapi tidak menutup akses ke multiply.

Youtube-nya bandel sih. Sebetulnya saya salahsatu penggemar youtube. Banyak sekali hal2 baru, yang tentu adalah hal2 baik yang saya dapet. Sayangnya youtube (atau mungkin kebanyakan keluarga Google) terlalu ignorant. Waktu pertama mulai santer berita ttg film Fitnah, saya langsung cari ke wikipedia, dan langsung menemukan sinopsisnya di sana. Satu hal yang menarik adalah banner di bagian atas halaman yg dimaksud memberitahukan bahwa isi halaman itu samasekali bukan tanggungjawab wikimedia (pemilik wikipedia). Saya yakin kalau halaman tersebut diprotes orang, pasti wikimedia segera ambil tindakan.

Beda dengan Youtube yang samasekali tidak memberi peringatan apapun, seakan itu film benar2 film yang bisa beredar tanpa menimbulkan pertentangan dan kekacauan. Lucunya, surat peringatan dari pemerintah Indonesia tidak dilirik sedikitpun. Tidak ada pemberitaan bahwa Youtube telah merespon surat dari pemerintah RI. Yang direspon malah surat dari detikinet, lucu. Ya, sekarang Youtube harus menelan pil pahit dengan kehilangan banyak sekali pengakses potensial dari Indonesia. Makanya, jangan terlalu ignoran.

Tapi sayang :( multiply jadi ikut keblok.

5 comments:

Anonymous said...

Aduh, mas jangan disesalkan, wong kita ini negara miskin dan penuh koruptor, mana mungkin Youtube mengerti kita, wong dinegeara Islam aja, bukan republik seperti kita, youtube tidak diblock, itukan aneh. yang penting kita harus lebih menggiatkan ama dan ibadah kita agar kita masuk ke sorga, beres dech, org lain, egp. kita aja blon tentu masuk sorga, koq ngurusin org.

tenmon said...

huh... kalo di sini sih ga pengaruh... abis udah dr dulu di-block... jadi udah biasa...

OTT:
udah lama ga buka blogmu ini... abis dulu sempet ga bisa dibuka... ada apa ya??

trying to be someone said...

Saya sempat melihat film "fitna" itu melalui liveleak.com hari jum'at tanggal 28 Maret 2008. Kemudian hari seninnya (31 Maret 2008) sudah tidak ada lagi di daftar film yang ada di situ karena alasan keamanan staf atau personil liveleak.com.

Saya tidak setuju dengan contoh ancaman tersebut. Bagi yang mengedarkan seharusnya paham akibat yang dapat ditimbulkan dari persedaran film tersebut. Sedangkan bagi yang menonton harus arif dan bijaksana menyikapi apa yang dilihatnya. Maksudnya kalau ada yang salah yah diluruskan.

idud said...

Hmm, kalau menurutku yang otaknya udah penuh dengan teori konspirasi, alasan yang dikemukakan liveleak juga bisa jadi dibuat2 untuk memperkuat isi film itu.

Jadinya apa yang mas Dading bilang itu bener banget, setiap orang harus bijak dalam menyikapi apapun yang ada di hadapannya. Baik itu ttg isi film yg dimaksud maupun semua situasi yang timbul akibat peredaran film ini.

@Sana: di posting sebelumnya ada ttg crosspost blogger-multiply, aku kemaren lagi coba2 itu, tapi tidak puas jadinya kembali ke cara tradisional.

idud said...

Kalau youtube sih kata berita di detik sudah resmi dibuka lagi. Kalau utk situs lain masih seperti dulu. Gak jelas mana yg harus diblok dan gak jelas ISP mana aja yg udah ngeblok.