2008/04/18

CiPF: libmp3lame dan freebsd-update

libmp3lame
Di FreeBSD-7.0 yang saya pake sekarang terjadi sedikit masalah. mpg321 dan mplayer bisa memainkan file mp3 dengan baik. Tapi lucu banget, program "play", dari paket sox, gagal memainkan file .wav karena tidak menemukan pustaka libmp3lame. Errornya kayak gini:

$ play a.wav
/libexec/ld-elf.so.1: Shared object "libmp3lame.so.0" not found, required by "play"


Terang aja, begitu error ini keluar saya langsung cari paket yang berbau lame dan mp3. Paket yang mengandung kata mp3 tidak ada. Yang mengandung lame juga tidak menjanjikan, yang ada cuma ini:
glame-2.0.1_6
gstreamer-plugins-lame-0.10.6_2,3
mctoolame-decoder-0.1.a_2
mctoolame-encoder-0.1.a_1
toolame-0.2l_1
twolame-0.3.10
flamerobin-0.7.6_1
xflame-1.1.1_1
wmflame-0.60_2
e17-module-flame-20070223_1

Hasil nanya ke jujel juga tidak memberikan trik yang menjanjikan. Sebagian besar ngasih tahu kalau link dari libmp3lame.so.0.0 ke libmp3lame.so.0 tidak ada jadi mesti dibuat dulu. Masuk akal memang, cuman yg jadi masalah adalah file libmp3lame.so.0.0 sendiri tidak ada. Jadi? Eksperimen deh.

Pustaka libmp3lame tidak ada, tapi pustaka libmad ada. Nah setahu saya libmad ini juga ada hubungannya dengan mp3. Diputuskanlah untuk nekad menggunakan libmad ini saja. Perintah yang saya pake untuk membuat link adalah seperti ini:

# ln -vfs libmad.so /usr/local/lib/libmp3lame.so.0

Lalu coba mainkan file .wav tadi

$ play a.wav

Input File : 'a.wav'
Sample Size : 16-bit (2 bytes)
Sample Encoding: signed (2's complement)
Channels : 2
Sample Rate : 44100

Time: 00:04.09 [03:44.46] of 03:48.55 ( 1.8%) Output Buffer: 180.22


Horeeee, play sekarang bisa memainkan file WAV. Suaranya juga keluar dari speaker. Hhhh, lega deeeh.

freebsd-update
Salahsatu hal yang membuat saya malas untuk menggunakan FreeBSD adalah legenda yang disebarkan oleh teman2 pengguna FreeBSD, bahwa setiap ada security advisory maka yang dilakukan adalah melakukan update source ports lalu compile paket yang disebutkan dalam advisory. Malah banyak yg lebih ekstrim, yaitu melakukan perintah "portmanager -u", yang ternyata setelah mengupdate ports langsung mengcompile semua paket yang harus diupgrade.

Saya yakin itu ada tujuannya, dan jelas tujuan yang baik. Tapi bagi saya pribadi yang PC-nya bukan kelas "monster", proses ini akan sangat melelahkan karena artinya KDE yang saya pakai juga harus dicompile ulang. Wedewwww... COMPILE KDE? Cape deeeehhh.

Untunglah ternyata ada tools freebsd-update yang membantu orang2 yang kesulitan/keberatan melakukan kompilasi untuk mengupdate sistem FreeBSD mereka. Penggunaannya gampang, pertama lakukan perintah ini:

# freebsd-update fetch

Kalau muncul keterangan bahwa ada file yang telah didownload, artinya file tersebut harus diupdate, lakukan perintah lanjutan:

# freebsd-update install

Beres deh. Nah biar kita engga terus2an ngetik perintah ini tiap hari, karena kita tidak pernah tahu kapan ada update atau tidak, bisa juga memanfaatkan fasilitas notifikasi dari program ini. Jadwalkan saja (dengan cron) supaya perintah ini dieksekusi tiap hari:

freebsd-update -t alamat@email.kita cron

Nah, porgram itu akan mengirim pemberitahuan ke alamat@email.kita jika ada file yang harus diupdate. Kalau suatu saat kita dapet email pemberitahuan ini, buru2 aja lakukan perintah fetch dan install tadi di atas. Begitchu.

No comments: