2008/04/11

CiPF: DVD FreeBSD-7.0 dari 4 iso CD

Apa itu CiPF? Gak mau tahu? Peduli ah, CiPF adalah singkatan dari: Catatan idud Pakai FreeBSD. Dari namanya sudah bisa ditebak isinya, tak perlu dijelaskan lagi.

Saya kenal FreeBSD sejak tahun pertama kuliah, akhir 2000 lah. Dulu saya tidak tahu perbedaan OS yang satu ini dengan OS mirip UNIX lainnya, soalnya saya cuma menjadi pemakai dari beberapa layanan free-shell. Semenjak punya komputer saya sudah beberapa kali menginstal FreeBSD (pertama kali menggunakan versi 5.2), mencoba2 untuk membiasakan diri, dan mencoba untuk melakukan beberapa perubahan supaya enak jika dijadikan OS utk desktop. Tapi sayang, utk ngoprek linux (macem2 distro) aja waktunya udah keburu abis, jadinya si FreeBSD hampir engga keeksplor. Nah sekarang, mumpung sering ada waktu luang sehabis kerja, mungkin adalah saat yang tepat untuk mencoba membiasakan diri memakai FreeBSD sebagai desktop. Saat ini sih masih pakai Debian, soalnya yang FreeBSD baru selesai diinstal.

4 CD instalasi saya ambil dari sini. Tapi kemudian saya mikir, saya kan belum beli CD blank, yang saat ini ada di laci meja adalah DVD blank. Lagian 4 cd itu isinya engga penuh 700MB tiap cd-nya. Malah ada yg isinya cuma 200MB. Wah kalau 4 cd bakal mubazir nih, pikir saya. Kayaknya bakal bagus nih kalau semua dibundel jadi 1 DVD.

Untuk keperluan membundel ini saya kemudian googling, dan nemuin sebuah artikel yang ditulis oleh Dru Lavigne. Di artikel tersebut dijelaskan dengan sangat singkat tapi jelas cara2 membundel 4 cd instalasi FreeBSD-7.0 menjadi 1 DVD. Tapi sayang, perintah2 yang ditulis di situ ada yang tidak cocok dengan OS yang saat ini saya pakai. Dru menggunakan perintah mdconfig untuk membuat sebuah device RAID (cmiiw) utk mewakili file iso cd supaya bisa dimount di sebuah direktori, perintah tersebut tidak ada di Debian. Oleh karena itu saya gunakan saja perintah yang biasa saya gunakan kalau mau mounting file iso. Menggunakan tar untuk menyalin file dari iso yang sudah dimount juga bukan hal yang biasa saya lakukan, jadi perintah itu juga saya ganti.

Saya yakin udah banyak banget yang membuat tulisan serupa, malah lengkap dengan penjelasan dan rujukannya. Tapi berhubung ini mah untuk keperluan catatan diri sendiri, boleh dong cara2 ini saya tulis di blog saya.

Jadi, dalam versi saya, urutan2 membundel 4 iso cd menjadi dvd adalah sebagai berikut:

  1. Download dulu lah iso-nya. Simpaan aja di suatu direktori, misal di /media/archive/. Buat sebuah direktori, dan pindahkan working direktori ke direktori baru tersebut. Tanda "$" menunjukkan saya tidak melakukannya sebagai root dan sebagai ciri bahwa perintah tersebut harus berada dalam satu baris yang sama.

    $ mkdir /media/archive/fbsd-dvd && cd /media/archive/fbsd-dvd

  2. Mount file iso lalu salin isinya. Saya pakai sudo karena mount membutuhkan privilege superuser. Pastikan /mnt adalah direktori kosong yang tidak dipakai oleh user atau proses manapun

    $ sudo mount -o loop /media/archive/7.0-RELEASE-i386-disc1.iso /mnt
    $ cp -a /mnt/* . && chmod u+w * && sudo umount /mnt

    $ sudo mount -o loop /media/archive/7.0-RELEASE-i386-disc2.iso /mnt
    $ cp -a /mnt/* . && chmod u+w * && sudo umount /mnt

    $ sudo mount -o loop /media/archive/7.0-RELEASE-i386-disc3.iso /mnt
    $ cp -a /mnt/* . && chmod u+w * && sudo umount /mnt

    $ sudo mount -o loop /media/archive/7.0-RELEASE-i386-docs.iso /mnt
    $ cp -a /mnt/* . && chmod u+w * && sudo umount /mnt

  3. Edit file packages/INDEX

    $ cp packages/INDEX{,.bak}
    $ sed s/'||1'//g packages/INDEX.bak|sed s/'||2'//g|sed s/'||3'//g > packages/INDEX
    $ rm packages/INDEX.bak

  4. Edit file cdrom.inf, pastikan isinya seperti ini:
    CD_VERSION = 7.0-RELEASE
    CD_VOLUME = 0
    CD_VOLUME = 1
    CD_VOLUME = 2
    CD_VOLUME = 3

  5. Hapus direktori rr_moved

    $ rm -rf rr_moved


OK, acara pembundelan sudah selesai. Sekarang tinggal dibakar ke DVD atau dijadikan file iso supaya suatu saat bisa dibakar ke DVD. Untuk membakar langsung ke DVD saya pakai perintah ini:

$ growisofs -Z /dev/hdd -J -R -speed=4 -no-emul-boot -b boot/cdboot -iso-level 3 .

Pastikan device pembakar DVD sudah diketahui nama device-nya (di saya /dev/hdd), dan perhatikan di bagian akhir ada tanda titik. Kalau mau dijadikan file iso bisa pakai perintah ini:

$ mkisofs -V 'FreeBSD-7.0' -J -R -b boot/cdboot -no-emul-boot -o freebsd-7.0.iso .

Ya, sudah sampai situ, DVD FreeBSD sudah bisa dipakai utk booting komputer lalu lakukan instalasi seperti biasa tanpa harus ganti2 CD.

3 comments:

bayigile said...

Dud thanks banget...ini berguna banget...cuman gw dapet masalah pas package/INDEX gw dapet msg kaya gini sh: packages/INDEX: Permission denied.Apa masih bisa jalan ? thanks

idud said...

File INDEX itu mutlak harus diedit. Jadinya gak berguna dong 4 cd itu dijadiin 1 DVD. File itu berisi info paket anu berada di CD nomor berapa. Jadi kalo gak diedit, pas instal nanti tetep akan meminta CD nomor sekian utk dimasukkan.

Coba periksa ownership dan permmission. Pastikan bisa diedit oleh user yang saat itu dipake.

Anonymous said...

Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading
Continue Reading