2005/01/31

Data Gamais Ampir Selamet

Semenjak hari Kemis kemaren komputer server gamais ada di rumah, setelah tak mau booting akibat filesystem rusak karena sering mati listrik. Awalnya saya agak frustrasi karena partisi yang digunakan untuk / habis semua alias ludes, yang tersisa cuma /lost+found. Sayangnya temen saya yg ngebangun server itu menerapkan "one big partition", sehingga saya tak punya partisi lain untuk menginstall rescue system. Akhirnya saya pasang aja itu HD ke komputer saya yg di rumah.

Tapi Tuhan masih melindungi saya, setelah beberapa percobaan akhirnya hampir 90% data file dan database MySQL bisa diselamatkan. Hanya saja saya belum punya media utk backup.

Ah sudah ah curhatnya.

2005/01/28

I'm Colombia :D

Iseng-iseng ikut kuis "what country are you"? Hasilnya seperti ini (rasanya kok engga cocok):


You do a lot of drugs, and these have kind of distorted your view of reality, to the point that everyone looks like an enemy. You keep trying to restore order over your schizophrenic world view, but you don't even know which goal is your own and which is someone else's. You're pretty sure someone needs to be punished for all this, but who that is changes all the time. Things would be a lot better for you if you switched to coffee, or even to decaf, but all this money would be hard to give up.

2005/01/24

1.1

Fix template ke versi 1.1. Semoga menjadi lebih baik dan bisa dirender oleh semua browser dengan sempurna. Kecuali satu hal: ikon di adress bar. Saya memakali png 32x32 yang pastinya hanya bisa ditampilkan oleh keluarga Mozilla.

2005/01/20

Wajbar

"Wajah baru."

Ungkapan yg biasa ditujukan pada orang yg baru potong rambut. Tapi sebetulnya, yang penting adalah berubahnya penampilan seseorang. Bisa juga blog ini.

Penampilannya baru, tapi sebenernya hasil edit dari template yang lama. Tadinya saya mau bikin yg minimalis, tapi ternyata untuk tampilan yang "menyedihkan" seperti ini saja rumit sekali pembuatannya. Itu juga masih bnyak errornya.

Yah hacker juga manusia, apalagi yg bukan hacker. Tapi perbaikan akan terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bisa itu dari tampilan, performa, atau aspek yang lainnya. Tapi sekarang saya istirahat dulu, kalo dipeleter mah serak atuh.

2005/01/18

Buggy But Number One

Yeah, a little bit buggy but still the most favourite.
"Mandrakelinux continues to have the best installation and configuration tools on the market, which is really what gives it the number one spot. Nothing beats DiskDrake for partitioning disks, very little comes close to the ease of use of the DrakConf URPMI package installer, and we can breeze through a Mandrakelinux install with our eyes closed." But not even Mandrakelinux is perfect: "Perhaps the key to Mandrakelinux's success is that its users keep hoping they'll fix the bugs - we love its tools but hate the stability issues, so we keep our fingers crossed that one day we'll have a bug-free Mandrakelinux. And when that day comes, there'll be angels singing in heaven..."

2005/01/17

PLN Sucks

Saya bangun kesiangan tadi pagi, tapi saya langsung sadar ada yang tidak beres. Tak ada dengungan alat listrik. Wah pasti mati listrik lagi nih, seminggu sekali PLN (yg menguasai perlistrikan di Indonesia) mematikan listrik sekitar 15-30 menitan. Tentu saja komputer desktop ataupun server akan rusak dengan cara seperti ini (meski engga gitu juga, tegangan listriknya engga stabil jadi tetep aja rusak).

Saya lihat tetangga, asik2 aja nonton TV. Waduh masak mati listrik cuman rumahku aja. Pas diperiksa saklarnya (yang nemplok di dinding depan rumah berbentuk kepala truk tanpa box) ternyata disegel dengan stiker warna merah, bertuliskan: "Lunasin dulu!" (engga persis gitu tapi sejenis lah). Saya baru inget, oh iya kan bulan kemaren nunggak. Tapi penjajah banget sih, baru 1 bulan nunggak udah dimatiin tanpa ngasih tahu udah gitu disegel lagi. Saya buka aja tuh segel terus saya switch on lagi (kalo engga gitu engga bisa mandi, pompa air butuh listrik kan).

Yang bikin engga enak tuh, kayaknya si PLN serasa telah ngasih peayanan yg sempurna gitu, ketika ada yg nunggak sebulan aja langsung di-intimidasi kayak gitu. Padahal kita kan tahu bos PLN tajir abis. Ngomong dulu kek sama penghuni rumah tentang kejelasannya, kalo engga mau bayar baru dikasih peringatan. Dasar imperialis monopolis, sipilis!

2005/01/14

Aceh Tsunami Simulation

Tadi pagi dapet e-mail dari milis ITB. Lumayan lah buat nambah-nambah pengetahuan tentang bencana gempa dan gelombang tsunami yang terjadi di Aceh 26-12-2004 lalu. Klik di link ini: http://www.ppk.itb.ac.id/aceh/.

2005/01/11

Tua banget

Akhirnya bisa tahu usia dari beberapa teman chating yang ternyata adalah seangkatan dalam hal sekolah. Bahkan salah satunya telah mengakui kalau dia lahir sesudah saya. Yang artinya saya lebih tua.

Yang jadi masalah adalah bahwa dalam kondisi mereka yang usianya lebih muda dari saya, mereka sudah lebih mapan. Terlihat dari kenyataan bahwa mereka sudah mendapat pekerjaan yang cukup layak, walau mungkin masih sistem kontrak. Jika dibanding saya yang masih nyedot duit orang tua (yg miskin), saya bener2 terpukul sekali.

Tuhan, tolonglah hambamu ini.

2005/01/07

Looking back...

Over my shoulder... [nyanyi]

Ada gak sih yang punya file ogg atau mp3 dari lagu itu? Judulnya "Looking Back Over My Shoulder" yang nyanyinya Mike and the Mechanics. Itu lagu hits pas zaman saya kelas 2 SMP jadi sekitar tahun 1995/6. Kalo ada yang punya bagi-bagi atuh, jangan pelit.

2005/01/06

Kiamat Sughro

Menyusul bencana gempa dan tsunami di Aceh, saya juga dalam 2 minggu ini sedang dan akan mengalami cobaan yang sangat berat. Buat saya sih berat buat orang lain mah, belum tentu ringan. Tanggal 3-14 Januari 2005 saya ujian akhir semester ganjil di tahun ke-5 ini.

Oh Tuhan, saya berdoa supaya semua kuliah semester ini lulus, juga dengan semua kuliah semester depan. Supaya saya bisa wisuda bulan Juli. Amin.

"Curhat, nih yeee..."

Dhiesss....!